Naga 76 - Automotive Parts and Accessories

Cara Mengganti (Do It Your Self - DIY) Per Belakang di Honda Freed

Berikut ini adalah Cara Mengganti atau DIY Per di Honda Freed.
Dari cara mengganti per bagian belakang dapat dikatakan levelnya tidak rumit.
Karena langkah yang dilakukan tidak terlalu banyak untuk mengganti per belakang di Honda Freed.

cara mengganti per honda freed di bagian belakang sebagai berikut:
1. buka baut roda
2. pasang stand jack


3. lepas roda





















4. buka baut shock absorber





















5. lepas baut rem





















6. lepas per





















7. lepas karet yang ada di per bagian atas





















8. lepas karet yang ada di per bagian atas





















9. pasang karet yang telah di lepas pada per yang akan baru dipasang bagian atas dan bawah





















10. pasang kembali baut penyangga shock absorber menggunakan dongrak di bagian bawah per
























11. kencangkan baut penyangga shock absorber





















12. pasang kembali baut rem










































13. pasang kembali roda





















untuk kanan dan kiri sama cara menggantinya.

ada juga cara untuk mengganti per yang lebih cepat yaitu tanpa melepas ban :
1. dongkrak bagian belakang honda freed.
2. lepas baut penyangga shock absorber
3. lepas per beserta karetnya
4. pasang karet di per yang baru
5. pasang per di posisi semula
6. pasang baut penyangga shock absorber
7. lakukan yang sama di bagian kanan dan kiri.
8. selesai

15 comments:

Eko said...

Bro Rudy, kalau cuma ingin agar bantingan lebih lembut, apa yg perlu diganti, mohon sarannya. tks

Rudy Kho said...

di freed menurut saya bantingannya sudah enak tidak keras/lembut (ini selera yang berbeda untuk setiap orang).
jika bantingan terlalu lembut konsekuensinya saat berjalan di kecepatan tinggi kurang stabil om eko.

Rizki Sean said...

Om Rudy, Saya mau lepas ban belakang ,,
kok Ban Freed saya gak mau copot padahal semua baut udh lepas dan donkrak udh naik,,

Penyebabnya apa karena pakai rem kaki atau lengket?

Rudy Kho said...

kondisi itu tidak apa2 om Rizki.
tinggal di goyang2 sedikit pasti lepas.
kayanya itu baru pertama kali dilepas ya jadi agak nempel.

jupz said...

Om Rudy,
saya ada rencana mau upgrade dr livina ke freed,,
nah di livina saya pakai per TANABE NF 210,,klo d jual juga sayang sih,
mau tanya apakah per TANABE livina bisa d pasang di Freed ga yah?
makasih Om,,

Rudy Kho said...

@jupz:
setahu saya untuk per livina tidak bisa di pakai di freed om.
bisa juga tanabe yang livina di lepas lalu cari per lagi untuk freed kondisi 2nd jadi bisa dibilang tidak ada penambahan untuk beli pernya.
tinggal ongkos jasa bongkar pasang saja.
per untuk freed sudah banyak di sini, ada tanabe, tein h tech, tein s tech, eibach, rsr atau coilover hotbit.

Victor Leonard Waani said...

Om Rudi
minta saran dunk
kan skrg banyak lowering kit
utk harian enak pake apa ya?
Thanks

Rudy Kho said...

@victor:
kalau ane pakai sih tein h tech.
enak buat harian, ga terlalu ceper dan terlalu keras bantingannya.
tapi kembali ke selera ya om soal keras/empuknya.

Masmur Purba said...

Om Rudy harga untuk Tein h tech dan eibach berapa ya??makasi

Victor Leonard Waani said...

Thanks om Rudi
bingung antara eibach prokit atau tein htech
:)

Anonymous said...

Bro, salam kenal di milis hofos sm jfc hehe...
Sy baru ambil Freed nih, mending pake htech atau eibach utk R15 ban standar spy ga terlalu cingkrang tp aman dan msh soft utk harian jakarta yg jalannya benjal benjol hehe...

Tq yah

Rudy Kho said...

@masmur:
Harga pasaran untuk Tein H Tech dan eibach di range 2,7-3jt termasuk pasang.
@anonymous:
Untuk harian ane pakai h tech om. tampilannya masih dapet dan bantingan masih cukup nyaman (selera ane ya).
Kalau eibach turun sekitar 1 jari dari standard dan bantingan beda dikit dengan standard.
Monggo om update tentang per/spring standard vs tein h tech di sini: http://rudy-kho.blogspot.com/2013/05/honda-freed-spring-standard-vs-spring.html

Rudy Kho said...

@victor:
sami2 om vic :)
untuk empuk memang lebih empuk eibach dibandingkan tein h tech om.
tapi berdasarkan pengalaman yang sudah pakai per eibach biasanya mereka akan comment "kok jadinya kaya gini ya, kurang turun dikit".
akhirnya mereka ganti lagi ke tein h tech.
tetapi itu semua kembali ke selera masing2 individu ya om.
untuk pemakaian harian tein h tech masuk masuk kategori nyaman buat ane yang pakai velg R15 tanpa bodykit :)

ShaHuz Motor Chrome said...

Om mau tanya nih, mobil freed sy sdh pake velg 16 ban 205 tapi nih mobil terasa berisik seperti ada getaran" gt, jadi tidak nyaman psd sdh sy setting dan pakai karet di tonjokann di pintunya, mobil full peredam sy bingung di apain ya biar suara berisik itu hilang, mohon bantuannya

Rudy Kho said...

@shahuz:
coba di cek diameter pegangan velg alias center bore nya jika tidak sama ukurannya harus ditambahkan pakai center ring (terbuat dari alumunium) yang berfungsi menutup sela antara velg dengan bore.
untuk pintu yang suka bunyi2 coba di berikan silicone gun pada besi menonjol yang ada di pilar pintu tengah.