Berikut ini adalah Cara Mengganti atau DIY Per di Honda Freed.
Dari cara mengganti per bagian belakang dapat dikatakan levelnya tidak rumit.
Karena langkah yang dilakukan tidak terlalu banyak untuk mengganti per belakang di Honda Freed.
cara mengganti per honda freed di bagian belakang sebagai berikut:
1. buka baut roda
3. lepas roda
4. buka baut shock absorber
5. lepas baut rem
6. lepas per
7. lepas karet yang ada di per bagian atas
8. lepas karet yang ada di per bagian atas
9. pasang karet yang telah di lepas pada per yang akan baru dipasang bagian atas dan bawah
10. pasang kembali baut penyangga shock absorber menggunakan dongrak di bagian bawah per
11. kencangkan baut penyangga shock absorber
12. pasang kembali baut rem
13. pasang kembali roda
untuk kanan dan kiri sama cara menggantinya.
ada juga cara untuk mengganti per yang lebih cepat yaitu tanpa melepas ban :
1. dongkrak bagian belakang honda freed.
2. lepas baut penyangga shock absorber
3. lepas per beserta karetnya
4. pasang karet di per yang baru
5. pasang per di posisi semula
6. pasang baut penyangga shock absorber
7. lakukan yang sama di bagian kanan dan kiri.
8. selesai
Dari cara mengganti per bagian belakang dapat dikatakan levelnya tidak rumit.
Karena langkah yang dilakukan tidak terlalu banyak untuk mengganti per belakang di Honda Freed.
cara mengganti per honda freed di bagian belakang sebagai berikut:
1. buka baut roda
2. pasang stand jack
4. buka baut shock absorber
5. lepas baut rem
6. lepas per
7. lepas karet yang ada di per bagian atas
8. lepas karet yang ada di per bagian atas
9. pasang karet yang telah di lepas pada per yang akan baru dipasang bagian atas dan bawah
10. pasang kembali baut penyangga shock absorber menggunakan dongrak di bagian bawah per
11. kencangkan baut penyangga shock absorber
12. pasang kembali baut rem
13. pasang kembali roda
untuk kanan dan kiri sama cara menggantinya.
ada juga cara untuk mengganti per yang lebih cepat yaitu tanpa melepas ban :
1. dongkrak bagian belakang honda freed.
2. lepas baut penyangga shock absorber
3. lepas per beserta karetnya
4. pasang karet di per yang baru
5. pasang per di posisi semula
6. pasang baut penyangga shock absorber
7. lakukan yang sama di bagian kanan dan kiri.
8. selesai
22 comments:
Bro Rudy, kalau cuma ingin agar bantingan lebih lembut, apa yg perlu diganti, mohon sarannya. tks
di freed menurut saya bantingannya sudah enak tidak keras/lembut (ini selera yang berbeda untuk setiap orang).
jika bantingan terlalu lembut konsekuensinya saat berjalan di kecepatan tinggi kurang stabil om eko.
Om Rudy, Saya mau lepas ban belakang ,,
kok Ban Freed saya gak mau copot padahal semua baut udh lepas dan donkrak udh naik,,
Penyebabnya apa karena pakai rem kaki atau lengket?
kondisi itu tidak apa2 om Rizki.
tinggal di goyang2 sedikit pasti lepas.
kayanya itu baru pertama kali dilepas ya jadi agak nempel.
Om Rudy,
saya ada rencana mau upgrade dr livina ke freed,,
nah di livina saya pakai per TANABE NF 210,,klo d jual juga sayang sih,
mau tanya apakah per TANABE livina bisa d pasang di Freed ga yah?
makasih Om,,
@jupz:
setahu saya untuk per livina tidak bisa di pakai di freed om.
bisa juga tanabe yang livina di lepas lalu cari per lagi untuk freed kondisi 2nd jadi bisa dibilang tidak ada penambahan untuk beli pernya.
tinggal ongkos jasa bongkar pasang saja.
per untuk freed sudah banyak di sini, ada tanabe, tein h tech, tein s tech, eibach, rsr atau coilover hotbit.
Om Rudi
minta saran dunk
kan skrg banyak lowering kit
utk harian enak pake apa ya?
Thanks
@victor:
kalau ane pakai sih tein h tech.
enak buat harian, ga terlalu ceper dan terlalu keras bantingannya.
tapi kembali ke selera ya om soal keras/empuknya.
Om Rudy harga untuk Tein h tech dan eibach berapa ya??makasi
Thanks om Rudi
bingung antara eibach prokit atau tein htech
:)
Bro, salam kenal di milis hofos sm jfc hehe...
Sy baru ambil Freed nih, mending pake htech atau eibach utk R15 ban standar spy ga terlalu cingkrang tp aman dan msh soft utk harian jakarta yg jalannya benjal benjol hehe...
Tq yah
@masmur:
Harga pasaran untuk Tein H Tech dan eibach di range 2,7-3jt termasuk pasang.
@anonymous:
Untuk harian ane pakai h tech om. tampilannya masih dapet dan bantingan masih cukup nyaman (selera ane ya).
Kalau eibach turun sekitar 1 jari dari standard dan bantingan beda dikit dengan standard.
Monggo om update tentang per/spring standard vs tein h tech di sini: http://rudy-kho.blogspot.com/2013/05/honda-freed-spring-standard-vs-spring.html
@victor:
sami2 om vic :)
untuk empuk memang lebih empuk eibach dibandingkan tein h tech om.
tapi berdasarkan pengalaman yang sudah pakai per eibach biasanya mereka akan comment "kok jadinya kaya gini ya, kurang turun dikit".
akhirnya mereka ganti lagi ke tein h tech.
tetapi itu semua kembali ke selera masing2 individu ya om.
untuk pemakaian harian tein h tech masuk masuk kategori nyaman buat ane yang pakai velg R15 tanpa bodykit :)
Om mau tanya nih, mobil freed sy sdh pake velg 16 ban 205 tapi nih mobil terasa berisik seperti ada getaran" gt, jadi tidak nyaman psd sdh sy setting dan pakai karet di tonjokann di pintunya, mobil full peredam sy bingung di apain ya biar suara berisik itu hilang, mohon bantuannya
@shahuz:
coba di cek diameter pegangan velg alias center bore nya jika tidak sama ukurannya harus ditambahkan pakai center ring (terbuat dari alumunium) yang berfungsi menutup sela antara velg dengan bore.
untuk pintu yang suka bunyi2 coba di berikan silicone gun pada besi menonjol yang ada di pilar pintu tengah.
Salam kenal om Rudy..
Sy pemakai ertiga sdh ganti velg R17.
Rencana mau ganti per spy lebih rendah/ceper.
Kira2 yg cocok per apa om?
Kalo Teins S Tech apa bedanya dgn H tech?
Yg cocok utk harian..
minta masukan om..
Tks..
@anya:
per tein sepertinya tidak ada untuk ertiga (CMIIW) tetapi bisa pakai custom dengan per merk dan tipe mobil lainnya.
Om Rudy, mau tanya...
Utk menaikan body honda Jazz lama itu apahak cukup dengan mengganti per yg lebih panjang aja.., dan per apa yg bs dipakai ke jazz lama yg agk panjang..., bth naik sktr 4cm, trimakasih
@teguhtrizula:
Untuk meninggikan dibutuhkan juga ganti shock nya juga ya om agar jarak main bisa lebih leluasa.
Untuk meninggikan bisa dengan cara ganti velg dengan ukuran R17 yang awalnya R15. Secara otomatis body akan lebih tinggi dibanding standardnya. tks.
Om rudy....sy diinfo dr deler freed sy perlu dipasang spring dumper..
Klo seteleh dipasang itu..sy pasang velg variasi apakah berpwngaruh nanti ya...
Halo om um rudi mobik freed saya kan udah potong per standar nah saya mau tinggiin lagi sebaiknya pkek per mobil apa ya om yang cocok untuk mobil saya
Hallo om Rudy kalo per belakang Freed belakang di bolak balik bisa ga atas buat bawah..terimakasih omm
Post a Comment